Kaos 2019 Ganti Presiden/Net

telusur.co.id – Sikap tegas aparat yang melarang masyarakat menggunakan kaos bertagar 2019 Ganti Presiden di area Car Free Day (CFD), dianggap tepat.

Demikian pendapat pengamat politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, kepada telusur.co.id, Senin (7/5/18).

Sebab, area CFD bukanlah tempat untuk melakukan aktivitas politik praktis.

“Sweeping dilakukan petugas terhadap kaus bernuansa politik yang dikenakan para warga di jalur CFD sudah tepat. Walaupun aparat tetap perlu melakukan sosialisasi terhadap warga soal larangan aktivitas politik pada saat CFD,” kata Lucius.

Dia menilai, sweeping itu merupakan sebuah upaya untuk mengembalikan kegiatan CFD ke tujuan aslinya. Karenanya, tak hanya  kepolisian, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dan pemerintah daerah juga harus mendukung langkah pengembalian esensi CFD tersebut.

“Aparat dan juga Pemda harus memperlihatkan konsistensi mereka untuk mencegah arena CFD menjadi arena kampanye politik,” tuntas dia.

Sebelumnya, warga yang memakai kaos bertuliskan #2019GantiPresiden di area CFD, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/5/18) kemarin, diberikan sanksi berupa teguran oleh Petugas Satpol PP DKI.

Pada CFD kali ini, banyak Petugas Satpol PP Dinas Perhubungan DKI, beserta pihak kepolisian dikerahkan. Warga yang kedapatan mengenakan kaus bertuliskan #2019GantiPresiden, mendapat pengarahan dari petugas, atau pun disuruh ganti dengan baju lain. [ipk]

Bagikan Ini :