telusur.co.id- Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) I Ketut Diarmita menegaskan, Indonesia tidak akan impor daging ayam dari negara Brazil.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi isu adanya rencana impor daging ayam dari Brazil pasca putusan World Trade Organization (WTO).

I Ketut mengatakan, pada 12 Pebruari lalu, telah dilakukan pertemuan antara Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan Tim Kementan Brazil membicarakan peluang peningkatan hubungan bilateral khususnya di sektor pertanian dan peternakan serta kerja sama Kemitraan Strategis.

“Menteri Pertanian RI menyetujui masuknya daging sapi Brazil ke Indonesia dan Tim Kementerian Pertanian Brazil menyetujui untuk tidak memasukan daging ayam dan produknya ke Indonesia setelah memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan,” ujar I Ketut dalam keterang persnya kepada telusur.co.id, Selasa (8/5/18).

Saat ini, kata I Ketu, Indonesia sudah over supply daging ayam. Bahkan, sudah melakukan ekspor ke Jepang, Timor Leste, Papua New Guinea dan sedang dalam penjajakan ekspor ke negara-negara Asia lainnya dan Timur Tengah.

Dia melanjutkan, Indonesia-Brazil telah sepakat untuk saling menjaga hubungan baik, kerjasama peningkatan SDM Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Tim Kementerian Pertanian Brazil juga akan mendorong pelaku usaha di Brazil untuk melakukan investasi breeding farm dan usaha peternakan sapi di Indonesia,” ungkapnya.

Kemudian, terkait dengan adanya putusan WTO atas gugatan dari Brazil, I Ketut mengatakan bahwa kebijakan dan regulasi impor produk hewan harus disesuaikan dengan ketentuan perjanjian WTO.

“Saat ini Pemerintah sedang menyelesaikan Rancangan Peraturan Menteri Pertanian (RPMP) tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pertanian No. 34/2016 yang menyesuaikan dengan rekomendasi Panel WTO,” tuntasnya.

Sebagai infromasi, Brazil telah mengajukan gugatan ke Badan Perdagangan Dunia (WTO) atas keberatannya terhadap kebijakan Indonesia yang dianggap melakukan pelarangan dan pembatasan impor daging ayam dan produk ayam dari Brazil sejak 2009. [Ham]

Bagikan Ini :