telusur.co.id – Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan telah bertemu dengan bekas Panglima TNI Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo. Dari pertemuan itu, keduanya membantah adanya pinangan PAN kepada Gatot.

Namun, menurut Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno mengatakan, sosok Gatot merupakan kriteria PAN dalam mencari pemimpin di Pilpres 2019.

“Beliau adalah nasionalis tulen, pancasilais sejati. Saya kira kualitas dan kriteria dalam pak Gatot itu, masuk dalam kriteria PAN dalam pemimpin 2019. Pak Gatot memiliki aspirasi kami kader PAN dari aspek kepemimpinan,” kata Eddy di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/18).

Dia mengakui, kalau saat ini elektabilitas Gatot masih kecil dalam pemilu. Tetapi, Eddy yakin apabila Gatot mendeklarasikan diri maka elektabilitasnya akan naik.

Seperi halnya elektabilitas Jokowi yang saat itu masih menjabat Wali Kota Solo dan menjadi Gubernur DKI Jakarta masih kecil. Tapi, ketika mendeklarasikan diri elektabilitas melesat hingga mengalahkahkan incumbent.

“Ketika calon itu diumumkan itu saya lihat elektabilitas calon bisa terdongkrak begitu cepat,” kata dia.

Kendati demikian, Eddy menegaskan, PAN belum mengambil keputusan politik mengenai dukungan Pilpres 2019, sebelum Rakornas PAN di bulan Mei.

Hanya saja, ia mengakui apa yang dilakukan Ketumnya saat ini, yakni bertemu tokoh-tokoh nasional guna menampung segala aspirasi, dan akan dibawa kedalam Rakornas PAN.

“Nanti akan kita tampung. Seluruh komunikasi politik kita dengan para tokoh kemudian kita rangkum untuk di bawa ke Rakernas,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :