telusur.co.id – Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta menggelar Kuliah Kebangsaan di aula Rusli Zainal, Dinas Pekerjaan Umum, Pekanbaru, Riau, Selasa (8/5/18).

Kegiatan ini merupakan kerjasama MPR dengan Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Adapun tema yang diangkat, “Merawat Indonesia Dengan Empat Pilar Kebangsaan”.

Dalam acara, hadir Kepala Badan Pembinaan ideologi Pancasila Yudi Latief, Pimpinan Badan Sosialisasi MPR RI Bachtiar Aly, Wakil Rektor Universitas Riau Syapsan, para dekan, dosen dan ratusan mahasiswa berbagai fakuktas Universitas Riau.

Oesman Sapta, dalam pidatonya di hadapan para peserta, mengingatkan agar para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa memahami dan mengamalkan betul nilai-nilai dalam Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sebab, pemahaman Empat Pilar yang baik akan memunculkan karakter bangsa yang kuat.

“Bangsa ini sangat membutuhkan generasi yang memiliki karakter kuat, dari yang sederhana saja yakni cinta keluarga terutama hormati, sayangi dan cintai ibu kita lalu dalam kontek yang luas yakni cinta pada bangsa dan negara dengan sebenarnya cinta,” kata Oesman Sapta.

Bukti pemahamam dan implementasi Empat Pilar, menurutnya juga bisa dalam bentuk partisipasi aktif dalam tahun politik 2018 dan 2019 dengan memilih berdasarkan hati nurani masing-masing.

Memilih parpol, caleg bahkan capres sesuai harapan bangsa, harapan rakyat yang mampu membawa bangsa dan rakyat sejahtera.

“Generasi muda bangsa yang berkarakter Empat Pilar juga akan menjaga generasi muda dari bahaya narkoba. Generasi muda penerus bangsa pasti akan menghindari dan menjaga diri dari narkoba karena dampaknya sangat merusak semuanya dari merusak diri sendiri. keluarga dan bangsa,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :