Net

telusur.co.id – Rakyat Malaysia akan menggelar pemilihan umum (pemilu) ke-14, hari ini, Rabu (9/5/18).

Adapun calon yang akan memperebutkan suara rakyat yakni, petahan Najib Razak, dan lawannya adalah Mahathir Mohamad yang sudah berumur 92 tahun.

Prediksi di Malaysia sendiri, Najib Razak akan kembali memenangi pemilu.

Padahal, PM yang telah berkuasa sejak tahun 2009 itu, kini sedang dilanda dugaan kasus korupsi 1 MDB. Kasusnya pun masih ditangani.

Sedangkan Mahathir yang pernah menjadi PM Malaysia selama 22 tahun, yakni mulai tahun 1981 hingga 2003. Di usia 92 tahun, Mahathir memutuskan untuk kembali ke kancah politik. Jika dia menang, Mahathir akan menjadi pemimpin tertua di dunia.

Pemilu ini merupakan pertarungan politik juga personal bagi Najib dan Mahathir. Najib adalah anak didik Mahathir yang dipersiapkan, bahkan dipastikan untuk menjadi PM.

Kini, Mahathir menyebut perannya dalam “mengangkat” Najib merupakan “kesalahan terbesar dalam hidup saya”, setelah Najib diduga terlibat dalam skandal mega korupsi 1MDB pada tahun 2015.

Akibat dugaan kasus itu, Mahathir berubah menjadi penentang keras Najib. Mahathir sempat pensiun dari politik namun awal tahun ini dia mengumumkan kembalinya dirinya ke dunia politik, berbaikan dengan musuh-musuh politiknya termasuk Anwar Ibrahim dan bergabung dalam koalisi oposisi dengan satu tujuan, yakni melengserkan Najib. [ipk]

Bagikan Ini :