Net

telusur.co.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, akan menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018, di lima kabupaten/kota, yakni Kabupaten Bandung pada tanggal 12 Mei, Kota Bekasi 13 Mei, Kabupaten Cirebon 13 Mei, Kabupaten Garut 13 Mei, dan Kota Sukabumi 15 Mei.

Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq, mengatakan penetapan kelima daerah tersebut atas pertimbangan merepresentasikan segmen pemilih.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan mengidentifikasi masalah, sosialisasi, pembelajaran, dan pembandingan, baik bagi penyelenggara pemilu maupun masyarakat pada umumnya.

“Penyelenggaraan simulasi persis seperti aslinya, khususnya terkait waktu dan kelengkapan yang digunakan,” kata dia, di Bandung, Kamis (10/5/18).

Kegiatan simulasi menurut Endun, dilakukan secara terkoordinasi antara KPU Jabar, KPU tingkat Kabupaten/Kota, PPK, PPS, dan KPPS setempat dan panitia juga akan membuat TPS sedemikian rupa, termasuk penyediaan logistik, antisipasi pengamanan, dan sistem pelayanan kepada penyandang disabilitas.

“Hasil simulasi akan menjadi bahan evaluasi untuk penyempurnaan lebih lanjut,” kata Endun. [ipk]

Bagikan Ini :