Istimewa

telusur.co.id – lembaga negara, pemuka agama, dan organsiasi masyarakat diminta terus siaga dalam rangka mengantisipasi terjadinya peristiwa susulan yang dilakukan oleh kelompok teroris.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum PP GMKI, Sahat Sinurat kepada telusur.co.id, Selasa (15/5/18).

“GMKI mengajak lembaga gereja dan lembaga keagamaan lainnya, organisasi mahasiswa, organisasi masyarakat, dan segenap lapisan masyarakat untuk selalu siaga, tidak takut, serta membangun jejaring keamanan dan koordinasi antar lembaga agar dapat bersama-sama mencegah aksi terorisme lanjutan yang mungkin akan terjadi di sekitar kita,” kata dia.

Tak hanya itu, Sahat juga meminta agar pemerintah memperhatikan dunia pendidikan. Dia berharap agar dunia pendidikan jauh dari perkataan ujaran kebencian yang mengakibatkan peserta didik meniru para gurunya.

“Guru/dosen untuk tidak lagi mengeluarkan ujaran dan doktrin kebencian terhadap suku, agama, ras, dan golongan tertentu,” kata dia.

Menurut dia, doktrin dan ujaran kebencian menjadi benih lahirnya paham-paham radikal. “Ini efeknya yang bikin terjadinya tindakan terorisme,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :