Foto: net

telusur.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan Sertifikat Bandar Udara (SBU) dengan Nomor: 145/SBU-DBU/V/2018 untuk Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Sungai Siring, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Salman Lumoindong mengatakan, perebitan SBU memastikan bahwa bandar Udara dapat segera dipergunakan.

“Alhamdulillah, saya sujud syukur atas terbit sertifikat ini. Artinya perjuangan masyarakat Samarinda untuk memiliki bandara yang lebih representatif terwujud sudah,” kata Salman kepada wartawan, di Samarinda, Rabu (16/5/18).

Kata Salman, rencana pembukaan awal Bandara APT Pranoto pada 24 Mei 2018 bisa direalisasikan. “Maskapai Express Air dengan rute penerbangan dari Berau ke Samarinda dijadwalkan menjadi pesawat pertama yang mendarat di Bandara APT Pranoto. Gubernur Awang Faroek Ishak sudah menyatakan siap menerima kedatangan pesawat perdana itu sekitar pukul 09.00-10.00 WITA,” ujarnya.

Sehari sebelum pembukaan tepatnya 23 Mei 2018, dijelaskan Salman Bandara Temindung Samarinda yang berlokasi di tengah kota secara resmi ditutup mulai pukul 16.00 WITA, dan seluruh penerbangan selama ini dilayani bandara lama itu dialihkan ke bandara baru di Sungai Siring Samarinda.

“Secara fisik Bandara APT Pranoto siap dioperasikan, meskipun masih ada beberapa hal yang harus dirapikan. Jadi, untuk sementara penerbangan yang dilayani khusus selama ini di Bandara Temindung,” katanya lagi.[far]

Bagikan Ini :