telusur.co.id – Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengucapkan selamat atas peringatan Hari Buku Nasional dan menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk mengajak sekaligus mendorong seluruh elemen masyarakat agar semakin sadar akan pentingnya literasi dan buku di kehidupan sehari-hari.

Untuk meningkatkan kualitas, politisi Partai Golkar itu meminta Komisi X DPR mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membentuk lembaga sebagai pelaksana wewenang dan tanggung jawab pemerintah pusat terhadap sistem perbukuan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, mengingat lembaga tersebut berperan dalam menjamin adanya ketersediaan buku, memfasilitas pengembangan sistem informasi perbukuan, dan mempromosikan budaya Indonesia

Dia juga meminta Komisi X DPR mendorong Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk mensosialisasikan koleksi yang dimiliki oleh Perpusnas Indonesia sampai ke pelosok daerah.

“Mengimbau masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan literasi terhadap bahan bacaan yang berbobot dan berdampak baik, mengingat literasi mempunyai peran besar dalam mengubah cara pikir generasi-generasi ke depan,” tandas Bamsoet. (ham)

Bagikan Ini :