WHO/Net

telusur.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan menggelar rapat darurat untuk membahas ancaman internasional penyebaran wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo.

Menurut juru bicara WHO, Christian Lindmeier, sebagaimana dimuat reuters, Kamis (17/5/18), rapat akan diselenggarkan besok, Jumat 18 Mei 2018.

Komite pakar akan memutuskan deklarasi “darurat kesehatan umum dunia”, yang akan membuat masyarakat dunia terlibat dalam penanganan Ebola di Kongo, kata Lindmeier. Ebola di Kongo telah menulari 42 orang dan 23 di antaranya sudah kehilangan nyawa.

Ebola adalah paparan parah, yang menyebabkan pendarahan dalam dan sangat berpeluang menimbulkan kematian. Penyakit itu mudah tersebar melalui sentuhan dengan cairan tubuh dengan gejala awal mirip flu biasa.

Menurut kabar dari BBC, wabah Ebola di Kongo sudah mulai menyebar di kota Mbandaka setelah pada mulanya hanya mengkontaminasi wilayah pedesaan. Pejabat tinggi WHO, Peter Salama, mengatakan, penyebaran di Mabdaka ini berarti ada potensi “meledaknya” jumlah kasus Ebola.

Pada 2014 hingga 2016, wabah Ebola di Afrika barat menewaskan sekitar 11.300 orang. Wabah itu menimbulkan kematian besar karena menyebar di kawasan ibu kota Guinea, Sierra Leone, dan Liberia. [ipk]

Bagikan Ini :