Buah Kurma Ajwa/Foto : Net

Oleh : Umar F -Memasuki bulan ramadhan,  merupakan hal  yang lazim jika buah kurma merupakan buah yang paling pavorit menghiasi rpuasa ramadhan ini, baik disajikan untuk berbuka puasa maupun untuk santap sahur.

Buah kurma ini disebut beberapa kali dalam surat Al Quran, antara lain Surat An-Nahl (16:67), Surat Maryam (19:25).

Bukan merupakan kebetulan Alloh SWT secara terang menyebutkan buah kurma dalam Al Quran ini, ternyata banyak mengandung manfaat, khususnya untuk kesehatan kita.

🌹 Al-Quran: An-Nahl (16:67)🌺

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti.

Kurma merupakan buah yg memiliki nutrisi seimbang dan mengandung sebagian besar unsur2 yg dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ayat diatas menunjukkan bhw pada buah kurma terdapat tanda2 kebesaran Allah bagi orang2 yg berfikir.

Dari Aisyah RA smg Allah ridha kepadanya, diriwayatkan bhw Nabi Saw bersabda :  Wahai Aisyah, rumah tangga yg tdk ada kurma (akan) lapar ( beliau mengatakan dua atau tiga kali) (HR Muslim).

Juga Nabi pernah bersabda :  Wahai Aisyah, tdk ada rumah tangga yg memiliki kurma kering akan lapar (HR Muslim).

Kurma kering disini merujuk pada kurma di pohon mulai berbuah hingga matang. Istilah kurma kering digunakan krn dua tahap antara kurma mentah dan kurma matang tdk berselang lama setlh musim panen, sedangkan kurma kering ditemukan sepanjang tahun.

Pohon kurma diberkahi dg kekuatan luar biasa utk bertahan pd suhu tinggi hingga 50 derajat C ketika musim panas. Mrk juga diberkahi dg kemampuan utk bertahan dr kadar garam yg ekstrim dan kekeringan. Ini krn tinggi pohon, batang yg tebal dan kasar. Pohon kurma juga ditutupi dg pelepah tua, hal tsb berguna utk menyimpan sejumlah besar air. Selain itu daunnya berbentuk tombak yg tebal dan berduri, dan dipohon bagian atas hanya terdiri dr sedikit daun (tdk lebih dr 20 sampai 40 daun saja) utk mengurangi laju transpirasi (penguapan) dan kekurangan air.

Kurma kering mengandung gula, karbohidrat, protein, lemak dan sejumlah unsur serta vitamin yg sangat penting bagi kehidupan manusia. Dari analisa kimia membuktikan bhw kurma kering mengandung 70,6% karbohidrat, 2,5% lemak serta 1,32% mineral termasuk kalsium , zat besi, fosfat, magnesium, kalium, seng dan mineral lainnya. Kurma kering juga mengandung 10% serat, vitamin (A, B1, B2 dan C), gula dan protein.

Kurma kering memiliki manfaat bagi kesehatan yg sangat baik. Kurma jg memiliki nutrisi yg penting utk sel2 saraf. Selain itu, kurma kering bersifat antitoksin dan bermanfaat dlm kasus2 gagal ginjal, kandung empedu,tekanan darah tinggi, wasir dan asam urat.  Kurma jg berfungsi sbg pencahar alami dan memperkuat pendengaran. Kurma kering jg merangsang vagina dan memperkuat ototnya utk memudahkan proses persalinan normal. Oleh krn itu,  Allah Yang Maha Kuasa memerintah Mariam ,spt firman Nya dlm surat Mariam ayat 25 – 26.

Al-Quran: Maryam (19:25)

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

Al-Quran: Maryam (19:26)

فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا

Maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.”

Nabi Saw bersabda: Berikanlah kurma kpd wanita yg akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan maryam saat akan melahirkan Isa AS. Sekiranya Allah mengetahui ada yg lbh baik dr itu, tentu Dia akan telah memberikannya kepadanya (HR Tirmidzi).

Dari Salman bin Amir, Nabi Saw bersabda : Jika salah seorang diantara kalian berbuka, maka berbukalah dg tamr (kurma kering). Jika tdk dapati kurma, maka berbukalah dg air krn air itu mensucikan.

Rasulullah Saw menambahkan :  Sedekah kpd orang miskin itu mendapat satu pahala, sedangkan sedekah kpd kerabat itu mendapat dua pahala; yaitu sedekah dan menjalin tali silaturrahmi. (HR Tirmidzi).

Rasulullah Saw bersabda: Sebuah rumah yg memiliki kurma, penghuninya tidak merasa lapar.

🌷Sahabatku yg dimuliakan Allah, semoga dg ibadah puasa ramadlan yg kita lakukan, kita akan mencapai derajat taqwa seperti yg Allah Swt Harapkan dlm surat :

Al Baqarah 183.

Sabda Nabi SAW :

Orang yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala Allah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim). (red/UF).

 

Bagikan Ini :