Foto: Net

telusur.co.id – Banyak cara dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2019. KPU Kabupaten Garut misalnya lebih memilih menggandeng gereja sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih dari kalangan masyarakat Nasrani.

Ketua KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi kepada wartawan di Garut, Jumat mengatakan jika sosialisasi di tempat ibadah Nasrani itu merupakan bagian dari program KPU Garut untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pilkada 2018.

“Yang baru kita datangin itu baru satu gereja, nanti selanjutnya gereja-gereja lain yang ada di Garut akan didatangin,” katanya, Jumat.

Ia menyampaikan selama ini respon para jemaat cukup bagus karena antusias ingin mengetahui lebih dalam tentang pilkada termasuk para pasangan calon bupati maupun gubernur.

Menurut dia, informasi tentang pilkada perlu disampaikan secara rinci apalagi potensi suara di kalangan masyarakat Nasrani di Garut cukup banyak.

“Di Garut ini banyak juga gereja, potensi suaranya banyak, untuk itu menjadi sasaran kami untuk meningkatkan partisipasi suara,” katanya.

Ia menambahkan, program sosialisasi ke lingkungan tempat ibadah itu tidak hanya gereja, tetapi klenteng dan juga masjid-masjid yang terdapat kumpulan orang sedang melaksanakan kegiatan keagamaan. “Kalau masjid-masjid itu sudah sering kita masuk mensosialisasikan pilkada,” katanya. (ant)

Bagikan Ini :