telusur.co.id – Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra meminta pemerintah memperketat pengamanan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Sumatera Selatan pada Agustus 2018 mendatang. Hal ini menyusul maraknya aksi teror bom yang dilakukan teroris di beberapa titik di wilayah Indonesia, akhir-akhir ini.

“Maraknya teror bom membuat kita harus lebih waspada, jangan sampai kita kecolongan. Karena jika sampai Asian Games ini ada insiden bom, tentu akan mencoreng nama Indonesia di dunia internasional. Untuk itu saya meminta kepada Inasgoc, selaku panitia Asian Games, untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan,” kata Sutan, di sela-sela rapat kerja dengan Menpora dan Inasgoc di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/18).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, faktor keamanan merupakan hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games. Pasalnya, pesta olahraga terbesar se-Asia itu berpotensi menjadi sarana untuk menjalankan aksi terorisme. Sehingga, Indonesia sebagai tuan rumah, harus meningkatkan kewaspadaan. Namun di sisi lain, Sutan yakin Polri, TNI, maupun aparat keamanan terkait lainnya bisa melakukan tugasnya secara baik.

“Dalam hal ini, saya pikir kita percaya akan profesionalitas Polri maupun TNI dalam melakukan pengamanan. Tinggal bagaimana kita, khususnya Inasgoc bisa berkoordinasi secara baik dalam mengantisipasi aksi teror yang mungkin terjadi,” imbuh Sutan.

Menurut Sutan, penyelenggaraan Asian Games 2018 bukan hanya masalah sukses atau tidak, tetapi menyangkut aspek kepercayaan internasional. Jika Asian Games berjalan sukses, maka akan memicu investasi, perputaran ekonomi, pariwisata dan kesemuanya membutuhkan kondisi keamanan yang terjaga.

“Kita percayakan ini pada Polri, TNI maupun aparat terkait lainnya, sehingga Asian Games 2018 menjadi momentum kebangkitan bangsa melalui event olahraga,” harap politisi dapil Jambi itu.[far]

Bagikan Ini :