Net

telusur.co.id – Presiden AS Donald Trump mengatakan pertemuan antara dirinya dengan pemimpin Korea Utara dapat dilanjutkan bulan depan. Untuk itu, seorang pejabat senior Korea Utara sedang menuju ke New York untuk membahas KTT yang akan datang.

“Kami telah menempatkan tim yang hebat bersama untuk pembicaraan kami dengan Korea Utara,” kata Trump di sebuah posting Twitter. “Rapat saat ini sedang berlangsung mengenai KTT, dan banyak lagi. Kim Young (sic) Chol, Wakil Ketua Korea Utara, menuju ke New York. Tanggapan yang solid untuk surat saya, terima kasih,” katanya seperti dilansir reuters.com.

Kim Yong Col, wakil ketua Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa dan mantan kepala badan intelijen militer Korea Utara, dijadwalkan terbang ke Amerika Serikat pada Rabu setelah berbicara dengan para pejabat China di Beijing, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan. mengutip sumber tak dikenal.

Pembicaraan menunjukkan bahwa perencanaan untuk KTT yang belum pernah terjadi sebelumnya, awalnya dijadwalkan untuk 12 Juni, bergerak maju setelah Trump membatalkannya minggu lalu dalam sebuah surat kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Sehari kemudian, Trump, yang sering bertukar hujatan dengan Kim Jong Un sebelum mereka mulai berbicara tentang pertemuan puncak, mengatakan dia telah mempertimbangkan kembali dan para pejabat dari kedua negara bertemu untuk membuat rincian.

Kim Yong Chol akan menjadi pejabat Korea Utara yang paling senior untuk bertemu pejabat tinggi untuk melakukan pembicaraan di Amerika Serikat sejak Jo Myong Rok, seorang marshal, bertemu dengan Presiden Bill Clinton di Gedung Putih pada tahun 2000.

Kim Yong Chol mengkoordinasikan dua pertemuan presiden Korea Utara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada bulan April dan Mei. Dia dan adik Kim Jong Un adalah satu-satunya pejabat Korea Utara yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi antar-Korea pertama pada bulan April bersama pemimpin Korea Utara.

Analis percaya Amerika Serikat sedang mencoba untuk menentukan apakah Korea Utara bersedia untuk menyetujui langkah-langkah yang cukup untuk menyingkirkan senjata nuklirnya untuk memungkinkan KTT berlangsung. (ham)

Bagikan Ini :