Ketua Fraksi PKS di DPR RI, Jazuli Juwaini/telusur.co.id

telusur.co.id – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini berharap, hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni dijadikan momentum perekat persatuan bangsa dan kepedulian sosial.

“Saya menekankan pentingnya kembali menghayati dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif,” kata Jazuli di Jakarta, Jumat (1/6/18).

Saat ini dikatakan anggota komisi I DPR, bangsa Indonesia sedang mengalami tantangan dan ancaman mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme, radikalisme, “hoaks” dan ujaran kebencian, gesekan sesama anak bangsa yang mengancam persatuan.

Akan tetapi, persoalan itu dapat diselesaikan, jika seluruh masyarakat menghayati makna dari nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.

“Semua itu solusinya ada pada Pancasila jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya secara konsekuen,” ujarnya.

Disisi lain, Jazuli pun berharap masyarakat untuk selalu bersatu dan menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai, serta menanamkan nilai ideoligi berbangsa dan bernegara.

“Satu cara yang efektif agar kita bersatu adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama warga dan mengokohkan persatuan,” pungkas dia.[far]

Bagikan Ini :