telusur.co.id – Ketua DPR, Bambang Soesatyo berharap masyarakat Indonesia menerapkan kehidupan dengan mengacu pada Pancasila. Pasalnya, Pancasila merupakan way of life bangsa Indonesia.

“Kita harus terus mengingat dasar negara Pancasila yang merupakan landasan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia,” ujar Bamsoet usai menjadi pembaca Pembukaan UUD 1945 pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 di Gedung Pancasila, Jakarta, Jumat (01/6/18).

Jika masyarakat acuh dan tidak mengamal terhadap pemahaman pancasila, Bamsoet sebutan Bambang Soesatyo mengaku, tak mampu membayangkan apa jadinya Indonesia.

“Sangat ngeri membayangkan Indonesia tanpa Pancasila. Ibaratnya sebuah rumah, Pancasila adalah pondasi yang kuat sehingga mampu menopang Indonesia agar kokoh dan tidak roboh,” ucap dia.

Mantan Ketua Komisi III juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan yang dihadapi Bangsa Indonesia akan sangat berat. Sehingga suka atau tidak suka, berbagai bentuk penggerusan nilai Pancasila akan semakin dahsyat.

“Kita harus mewaspadai segala upaya yang merusak ideologi Pancasila untuk menghancurkan bangsa Indonesia. Mari bersama jaga dan junjung tinggi Pancasila dari berbagai serangan ideologi lain yang tak senafas dengan nilai-nilai kehidupan sosial masyarakat Indonesia,” pungkas Bamsoet.[far]

Bagikan Ini :