telusur.co.id- Negara Kazakhstan mengapresiasi peran Indonesia dalam berbagai forum regional maupun Internasional termasuk di OKI.

“Indonesia menempati peran penting dalam sistem kebijakan luar negeri Kazakhstan,” kata Wakil Ketua Majlis Kazakhstan Vladimir Bozhko kepada delegasi muhibah parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto, Jakarta, Kamis (31/5/18).

Parlemen Kazakhstan, kata Bozhko, melihat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara sentral di Asia Tenggara dan mitra yang signifikan di Asia dan dunia Islam.

“Kita mengharapkan kerjasama antar parlemen kedua negara dapat ditingkatkan dalam berbagai forum bilateral maupun multilateral,” ungkap Bozhko.

Menurutnya, saat ini dunia tengah menghadapi persoalan yang sama, yaitu semacam agenda Internasional seperti perang melawan terorisme, narkoba, serta dialog antara dunia muslim dan barat yang intensif.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto. Dia mengatakan, DPR Indonesia mendukung peningkatan kerjasama antar Parlemen baik bilateral maupun multilateral.

“Parlemen Kazakshtan juga mempertanyakan beberapa point diantaranya tindak lanjut MoU antar kedua negara,”ujarnya.

Utut menuturkan, parlemen Kazakhstan berharap Indonesia dapat berperan aktif dalam kegiatan food security OKI dan berbagai forum religious internasional affair di masa mendatang.

Bagikan Ini :