Foto: Net

telusur.co.id – Hingga saat ini  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) masih memerlukan  Pegawai Negeri Sipil sekitar (PNS) 3.700 orang.

Kepala Badan Kepegawain Pemkab Tanah Bumbu Mahriyadi melalui Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Pegawai Sulhadi di Batulicin, Sabtu, 02/05/18 mengatakan bahwa setiap tahun pemkab  mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB) untuk dibuka penerimaan calon pegawai negeri sipil. “Namun belum ada tembusan apakah kami mendapatkan quota penerimaan CPNS atau tidak,” katanya

Secara keseluruhan Pemkab Tanah Bumbu memerlukan 8000 PNS , tetapi faktanya “Periode 2016 seluruh PNS yang ada di Tanah Bumbu mencapai 4.970 orang, dan saat ini menjadi 4.300 orang karena banyaknya yang sudah pensiun dan mutasi keluar daerah. Namun tidak ada penambahan atau pengganti dari pegawai yang sudah pensiun yang menyebabkan kekurangan PNS,” katanya.

Salah satu warga Tanah Bumbu, Umy Farah, mengatakan sudah hampir empat tahun di Tanah Bumbu tidak ada penerimaan CPNS secara umum, sehingga banyak masyarakat yang masih menggangur, khususnya mereka yang baru lulus kuliah.

“Kami sangat berharap dengan adanya penerimaan CPNS di Tanah Bumbu untuk mengurangi pengangguran di ‘Bumi Bersujud’ dan seyogyanya dipriotitaskan warga yang berdomisili di daerah ini,” katanya.

Ia mengatakan ada kasus di daerah lain yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya bahwa para pelamar CPNS dipenuhi dari daerah daerah lain.

Setelah diterima, mereka mengajukan pindah ke daerah asal sehingga Tanah Bumbu hanya sebagai batu loncatan untuk mendapatkan kuota saat penerimaan CPNS.(Red/Ant).A

Bagikan Ini :