foto net

telusur.co.id – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menggagas beasiswa kuliner bagi warga Jawa Timur. Beasiswa ini penting untuk memberdayakan pemuda melalui kemudahan permodalan, pendampingan higienitas, peningkatan tampilan makanan, dan beragam pelatihan lainnya, termasuk dengan melibatkan ahli makanan dari berbagai kampus yang mempunyai jurusan tata boga dan sejenisnya.

“Kami juga bikin beasiswa kuliner. Anak-anak muda Jatim, terutama anak-anak pemilik warung diberi beasiswa belajar gastronomi ke akademi kuliner. Ini penting untuk meningkatkan kualitas warung-warung rakyat,” ujar Puti.

Ia mengaku penasaran dengan kuliner lokal Banyuwangi. Karena itu ia kemudian mencari informasi kuliner wilayah paling timur Pulau Jawa itu di aplikasi TripAdvisor, dan kemudian milih Warung Bik Ati.

“Memang faktanya sesuai dengan ulasan di TripAdvisor, enak banget ini rawonnya, macam-macam pula lauknya. Rawon dan sup buntutnya top banget,” ucap Puti sambil mengacungkan dua jempolnya.

Puti menambahkan, pengembangan kuliner lokal menjadi salah satu perhatiannya bersama Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memuji program inovatif Puti yang akan mendampingi Gus Ipul. Menurut Anas, itu jawaban bagi pengembangan warung rakyat yang tersebar di seluruh Jatim.

“Jadi bayangkan warung-warung rakyat yang di kampung-kampung itu makin maju. Mereka kalau soal rasa, mungkin jauh lebih enak dibanding restoran di hotel-hotel. Jadi tinggal didorong saja aspek pemasarannya, tampilan makanannya,” tutur Anas.

Apalagi, katanya, kalau anak-anak pemilik warung diberi beasiswa belajar kuliner, seperti yang disampaikan oleh Puti, maka dampaknya akan luar biasa. (ant)

Bagikan Ini :