telusur.co.id – Dalam menyiapkan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta untuk digunakan pada Asian Games 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya melakukan pembangunaan dan renovasi venue olahraga namun juga penataan kawasannya.

“Penataan dilakukan untuk menciptakan lansekap yang lebih berkualitas sebagai ruang terbuka hijau yang menyatu dengan bangunannya,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu. Saat ini progres mencapai sekitar 55% dan ditargetkan rampung pada akhir Juni 2018.

Lansekap kawasan kini dilengkapi dengan patung Bung Karno di Pintu 5 yang memperkuat identitas kompleks GBK. Selain itu juga dibangun signage, taman, lampu taman dan perbaikan semua gerbang.

Di dalam kawasan, venue juga dilengkapi dengan pagar pembatas dan tembereng. di stadion utama GBK pagar yang dibangun mengelilingi stadion setinggi 110 cm. Disamping itu juga dibangun berbagai fasilitas pendukung seperti halte penumpang, shelter bus, pos polisi, toilet, mushola, gedung food plaza, tempat sampah, hingga helipad.

Penataan dilakukan tidak hanya di dalam kompleks GBK tetapi juga bagian luar seperti pedestrian Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika dan Pintu Satu. Dengan dilakukannya perbaikan, pedestrian semakin nyaman dilalui pejalan kaki. Selain itu juga dilakukan perbaikan pagar keliling kompleks GBK. [Red]

Bagikan Ini :