foto istimewa

telusur.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengatakan, persiapan penyelenggara Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018 sudah cukup baik.

“Pencapaian progres berkisar 77 persen sudah berjalan dengan baik. Sampai saat ini tidak ada hambatan yang begitu berarti, semua bidang-bidang terkait berjalan dengan baik,” ujar Menko Luhut dalam Rapat Koordinasi Panitia Nasional Penyelenggara Annual Meeting  International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018 di Kementerian Keuangan, Senin (4/06).

Menko Luhut menjelaskan Meeting Team Secretariat (MTS) IMF-WB melakukan pemeriksaan terkait dengan pelaksanaan IMF-WB 2018 yang berlangsung di Bali pada tanggal 8-14 Oktober 2018  pada kurun bulan Juli hingga Agustus. Persiapan yang sudah didiskusikan seperti keamanan, visa, beacukai, kesehatan, digital ekonomi, sampai dengan perihal pariwisata.

“Ada dua perihal diadakannya IMF-WB, yang pertama harapannya dapat melahirkan out put yang strategis mengenai perekonomian dunia yang akan menguntungkan bagi Indonesia, dan yang kedua Indonesia akan menghemat anggaran agar tidak terlalu wah. Justru kami akan membuat out put yang lebih wah,” tambah Menko Luhut.

Menko Luhut juga menerangkan mengenai masalah keamanan. Dia mengatakan, untuk masalah pengamanan sudah berkoordinasi dengan pihak Polri, terutama dengan pihak Kapolda Bali selaku tuan rumah.

“Saya sudah bicara dengan Kapolda Bali untuk dapat menguasai keamanan. Dengan adanya undang-undang anti terorisme sudah bagus, dan menurut saya polisi sudah paten. Sehingga kita dapat melakukan tindakan lebih awal. Saya kira ini sudah sangat baik,” katanya.

Mengenai transportasi Menko Luhut menyatakan seluruh penerbangan tidak ada masalah. Dikarenakan, Garuda Indonesia sudah berkomitmen untuk menambah kapasitas kursi dan juga jadwal penerbangan.

“Garuda sudah menambah jadwal penerbangan, memang kemarin ada sedikit komunikasi yang kurang bagus, namun kita semua sudah sepakat untuk kepentingan nasional,” terangnya.

Dalam hal ini Menko Luhut juga menjelaskan tentang persiapan ASEAN Leader Gathering yang masih sesuai dengan jadwal pelaksanaan. ASEAN Leader Gathering diatur oleh Menteri Luar Negeri, dan beberapa Negara sudah mengkonfirmasikan akan hadir pada acara tersebut. (ham)

Bagikan Ini :