Net

telusur.co.id – Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Komaruddin Hidayat mengatakan, Jepang mengembangkan nilai-nilai Islam dalam hubungan sosial di negeri mereka.

Hal itu disampaikan Komaruddin di sela-sela acara buka bersama antara Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii dengan tokoh Islam Indonesia, di Jakarta, Senin (4/6/18).

“Kita juga butuh Jepang bahwa orang-orang Islam Indonesia itu jangan hanya melihat dunia Arab saja, bahwa ternyata ada masyarakat lain yang mengembangkan nilai-nilai Islam dalam hubungan sosial, nah itu kan Jepang,” kata Komaruddin.

Dia mengatakan masyarakat Islam Indonesia juga dapat belajar nilai-nilai Islam di Jepang melalui pertukaran guru pesantren dan tokoh Islam ke Jepang.

“Jadi ini juga membuka mata para kyai dan ustadz di Indonesia. Apa yang diajarkan tentang hidup bersih, tolong menolong, jujur itu justru di sana kan (Jepang). Dan bagi orang Jepang juga negara tetangga kan semakin kenal baiklah selama ini. Jadi mereka pemahamannya tentang Islam itu lebih terbuka dan otentik,” kata dia.

Jepang dan Indonesia, kata dia, sama-sama berkepentingan menciptakan stabilitas misalnya menciptakan hubungan yang harmonis antar kelompok dan agama, deradikalisasi serta anti terorisme.

Selain itu, kata Komaruddin, Indonesia dan Jepang juga dapat mengembangkan kerja sama pendidikan vokasi. “Pendidikan vokasi itu di Jepang kan sangat menonjol,” kata Komaruddin. [ipk]

Bagikan Ini :