Foto/Net
  1. Oleh : Abu Hanifah – “Sesungguhnya KAMI telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr. [97] : Ayat 1-3).

Apakan itu malam kemuliaan? Malam kemuliaan itu, merupakan salah satu malam di antara malam-malam di bulan Ramadhan. Terutama pada malam-malam sepuluh hari terakhir Ramadhan. Sehingga banyak umat Islam melakukan iktikaf di mesjid pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Pada malam itu malaikat-malaikat bersama malaikat Jibril, turun kedunia. Mengatur sgl sesuatu hingga penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. 97 : 4-5).

Allah Subhannahu wa Ta’ala, memang memerintahkan hamba-NYA untuk melakukan iktikaf di mesjid. Agar hamba-hambanya Allah dapat menjadi manusia yang lebih bertakwa. (QS. 2 : 187). Karena itulah, maka sepuluh malam terakhir, orang-orang beriman berlomba-lomba menetap di dalam mesjid. Untuk melakukan berbagai kegiatan amal ibadah. Sholat malam, membaca Al Qur’an, mendengarkan ceramah agama, berdzikir serta diskusi berbagai hal tentang hidup dan kehidupan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wasalam, dalam hadits yang di riwayatkan Aisyah ra. Melakukan iktikaf dengan mengajak seluruh anggota keluarganya, pada malam sepuluh akhir Ramadhan. Sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.(HR. Bukhari & Muslim).

Pada malam itulah diturunkan permulaan dari Al Qur’an. Sebagai petunjuk bagi umat manusia. Juga penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu. Sebagai pembeda antara yang benar, yang hak dengan yang batil. (QS. 2 : 185). Malam tersebut menjadi titik tolak seseorang manusia untuk mendekatkan diri dan selalu ingat kepada Allah Azza wa Jalla.

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan amal ibadah di akhir Ramadhan ini. Sebab, tidak ada satu pun manusia yang dapat menjamin akan bersua kembali dengan Ramadhan yangg akan datang. Setiap kita mempunyai ajal. Bila telah tiba waktunya tidak dapat menundanya atau pun mempercepatnya sesaat pun. (QS. 7 : 34).

Salam dari Bekasi.
Selasa, 5 Juni 2018.

*abu hanifah*

Bagikan Ini :