Net

telusur.co.id – Dzikran Kurniawan resmi menjabat sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta. Dia akan mengurus program perumahan bagi warga Jakarta, termasuk rumah tanpa DP.

Pelantikan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/18).

Dzikran sendiri, sebelumnya adalah Direktur pengelolaan dana pembiayaan perumahan di PUPR.

Dengan pengalamannya itu, Anies menganggap yang bersangkutan adalah seseorang yang memiliki kompetensi di bidang kebijakan perumahan sampai dengan implementasi. Itu sebabnya, dia percayakan untuk program tersebut dilaksanakan oleh Dzikran.

Anies menjelaskan, proses seleksi pemilihan kepala UPT yang dilakukan yakni melewati proses ‘lempar jala’. Pemprov mencari sosok yang bisa mencari solusi program rumah warga Jakarta termasuk DP Rp 0.

“Awalnya kita tanya sana-sini, siapa orang yang memiliki kompetensi yang relevan dengan ini. Ini berbeda dengan sebuah posisi yang memang sering pernah ada. Ini posisinya baru, posisinya unik,” kata Anies.

Kemudian, lanjutnya, Pemprov DKI bertanya kepada berbagai pihak, dan mendapatkan rekomendasi nama. Dari rekomendasi nama itu direview satu-satu, dan kemudian Dzikran yang dilihat paling pas secara latar belakang, secara kompetensi, dan relevansi dengan program pemprov.

“Karena yang beliau kerjakan selama ini mirip dengan program kita tapi di level nasional.”

Dzikran pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Badan Pengelola Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dia juga pernah menjabat sebagai Pengawas fungsional PI KPK. [ipk]

Bagikan Ini :