Oleh : Abu Hanifah – “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”(QS. 57 : 18).

Selama bulan puasa Ramadhan ini, terlihat banyak sekali kaum muslimin berbuat kebaikan. Hampir di setiap sudut kota, umat Islam berlomba-lomba membagikan kotak yang berisi makanan untuk berbuka puasa (bukan berbagi takjil). Kaum muslimin ingin mengaplikasikan perintah Allah Subhannahu wa Ta’ala. “Berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan. Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian di hari kiamat. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. 2 : 148).

Begitu juga di mesjid, jauh berbeda dengan hari-hari di luar bulan puasa Ramadhan. Dalam ramadhan, kotak yang di taruh di depan pintu mesjid, satu minggu sekali harus di buka karena penuh. Begitu antusias umat Islam untuk bersedekah. Putra dan putri di bekali uang untuk di masukan ke kotak sedekah tersebut.

Pada suatu saat, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam di tanya sahabat Sa’ad bin Ubadah. “Wahai Rasulullah, sedekah apa yg paling bernilai paling utama disisi Allah?” Rasulullah SAW, bersabda : “Memberikan air minum.” (HR. Ibnu Majah, dari Sa’ad bin Ubadah).”

Sedekah merupakan bentuk syukur yang nyata atas rezeki, karunia Allah Azza wa Jalla. Harta dan uang yang di sedekahkan di jalan Allah. Akan di jamin Allah di lipat gandakan ganjarannya bagi siapa yang Allah kehendaki. Bantuan yang diberikan satu, akan menumbuhkan tujuh kali lipat. Dan dari yg tujuh dilipat gandakan hingga seratus kali. (QS. 2 : 261).

Sedekah dapst berbentuk apa saja. Bisa segelas air minum dan sebiji kurma untuk orang berbuka puasa. Dapat juga secanting beras untuk mereka makan. Atau sedikit uang untuk ongkos pulang. Yang di sedekahkan itu adalah milik kita dan merupakan investasi di akhirat nanti. Semua terpulang keikhlasan kita masing-masing.

Salam dari Bekasi.
Sabtu, 9 Juni 2018.

*abu hanifah*

Bagikan Ini :