Anang Hermansyah/Net

telusur.co.id- Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah mendorong, libur panjang pada 2018 bisa meningkatkan sektor industri kreatif di sejumlah daerah.

“Liburan lebaran tahun ini harus dimanfaatkan untuk memicu kebangkitan ekonomi kreatif di daerah,” kata Anang dalam keterangannya kepada telusur.co.id, Senin (11/6/18).

Dia menjelaskan, berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statitsik (BPS), sebaran pertumbuhan ekonomi kreatif pada 2016 lalu, bisa dijadikan rujukan, jika kemampuan daerah dalam mengeksekusi peluang ekonomi kreatif tidak merata.

“Bahkan, sejumlah daerah di Pulau Jawa pun tidak maksimal, untuk tidak menyebut gagal, meski rerata pertumbuhan di atas 10 persen,” ungkapnya.

Politikus PAN ini melanjutkan, data BPS dan Bekraf mengungkapkan lima provinsi di Pulau Jawa yang mengalami pertumuahan di atas 10 persen yakni Jawa Barat (33,56 persen), Jawa Timur (20,85 persen), Banten (15,66 persen), Jawa Tengah (14,02 persen), dan Jakarta (10,50 persen). Di luar lima provinsi tersebut pertumbuhannya menyedihkan yakni di bawah 10 persen.

Dia berharap, dua data itu bisa menjadi rujukan untuk melihat secara jernih kondisi obyektif pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah.[far]

Bagikan Ini :