telusur.co.id – Menjelang lebaran 2018 ini, pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur jalan bagi para pemudik agar menikmati saat pulang ke kampung halaman. Meski demikian, pengguna jalan diharapkan tetap waspada dan siaga.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko yang diapresiasi pengamat transportasi Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung.

“Saya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menikmati infrastruktur jalan dan jalan tol yang dibangun pemerintah. Silahkan seluruh masyarakat menikmatinya. Kesiagaan dan kewaspadaan adalah kunci utama dalam perjalanan sehingga para pemudik dapat bertemu dengan keluarga di tempat tujuan masing-masing,” kata Moeldoko di Jakarta, Minggu (10/6).

Berdasarkan pengamatan tim pemantau arus mudik bentukan Kantor Staf Presiden terdapat tiga titik kritis yang perlu mendapatkan perhatian para pengguna jalan. Pertama adalah titik perpindahan jalur tol operasional ke fungsional, lalu persimpangan jalur fungsional dan jalan nasional di titik Kali Kutho, dan jalan darurat di Kali Kenteng. Semua titik kritis itu berada di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Moeldoko, sejak Jumat malam (8/6) hingga Minggu siang (10/6), ketiga titik tersebut relatif normal kendati terdapat antrean saat mendekati lokasi yang dimaksud. Video yang dirilis oleh Kepolisian Daerah Jawa Tengah menggambarkan kondisi aktual di persimpangan Kali Kutho tetap dalam kondisi tertib. Karena pengguna jalan mengantre dengan tertib saat melewati kawasan tersebut. (ham)

Bagikan Ini :