Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar/Net

telusur.co.id – Komisi III DPR RI meminta agar kasus penusukan terhadap 2 Anggota TNI AD yang diduga dilakukan oleh 8 orang Anggota Brimob, harus segera diselesaikan secara terbuka dan transparan.

Permintaan itu sebagaimana disampaikan personel Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyi kepada wartawan, melalui pesan singkat, Senin (11/6/18).

Dirinya meminta agar insiden penusukan tersebut mendapatkan perhatian serius dari pihak Polri. Sebab, kata dia, beredar informasi bahwa penusukan dilakukan oleh 10 orang Anggota Brimob Polri, bukan 8 orang.

“Jika informasi ini benar, jangan sampai persoalan ini menjalar pada loyalitas korsa yang berujung pada aksi saling balas,” kata dia.

Politikus PKS itu meminta Polri bergerak cepat dalam mengusut kasus tersebut. Sebab, rekaman CCTV kejadian sudah banyak beredar di dunia maya. “Apalagi juga ada pihak-pihak yang memajang foto Anggota Brimob yang dituding melakukan penusukan.”

Ustadz Aboe yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS itu mengimbau, jika memang pelakunya adalah oknum Anggota Brimob, maka sebaiknya dua pimpinan satuan terkait segera duduk bersama, agar persoalan tidak menjalar ke yang lain.

“Para pelaku kriminal harus diproses sesuai dengan ketentuan yang ada. Oleh karena itu, perkara ini harus diselesaikan secara tuntas dan transparan agar bisa meredam suasana,” kata dia.

Diketahui, Kamis dini hari (7/6/18), telah terjadi penusukan terhadap 2 Anggota TNI AD, yang menurut dugaan awal dilakukan oleh 8 orang Anggota Brimob, di tempat Billiard Al Diablo, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kedelapan oknum Brimob tersebut telah ditangkap dan diamankan oleh petugas kepolisian, Jumat malam, atau sehari setelah kejadian.

Dua anggota TNI yang ditusuk adalah Serda Nikolas Kegomoi yang merupakan anggota Yonkav 7/Sersus Kodam Jaya dan Serda Darma Aji seorang anggota Yonif Mekanik 203/AK Kodam Jaya.

Serda Darma Aji akhirnya meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (7/6) siang. Sementara Serda Nikolas Kegomoi, juga masih dirawat intensif di RSPAD Gatot Subroto.

Sebelumnya, Mabes Polri menyesalkan adanya kasus penusukan anggota TNI oleh sejumlah Brimob, di kawasan Depok, Jawa Barat, Kamis (7/6/18).

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, M. Iqbal, di Jakarta, Senin (11/6/18).

Apalagi, saat ini kedua instansi itu tengah fokus menjalankan tugas negara untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada Mudik Lebaran 2018.

Pihaknya juga memastikan akan memproses hukum dengan tegas para pelakunya.

“Kami juga pastikan akan diproses hukum dengan tegas diperadilan umum serta dicopot dari instansi. Saat ini Polda Metro Jaya sudah menetapkan 3 tersangka terhadap insiden tersebut. Pasal yang dipersangkakan adalah 170 Jo 351 ayat 3. Saat ini tersangka sudah di tahan,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :