Dubes AS, Nikki Haley/ (Foto: elpais.com)

telusur.co.id – Amerika Serikat menyampaikan rasa kekesalannya kepada PBB yang telah menyetujui Resolusi perlindungan bagi warga Palestina, juga penggunaan kekuatan berlebih tentara Israel terhadap demonstran Palestina.

Resolusi yang diusulkan oleh Aljazair dan Turki, Rabu (13/6/18), mendapat dukungan 120 negara, dan delapan negara menolak, termasuk di antaranya AS.

Kekesalan diluapkan Duta Besar Negara ‘Abang Sam’ untuk PBB, Nikki Haley. Dia menyebut Majelis Umum PBB bersikap bias, dengan hanya mengutuk Israel, tapi tidak sedikitpun menyinggung mengenai Hamas, yang menurut dia adalah sumber masalah.

“Hari ini PBB telah membuat pertimbangan bermoral rendah ketika memutuskan menyalahkan semua hal kepada Israel,” kata Diplomat 46 tahun itu, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/6/18).

Dewan Umum PBB, meloloskan resolusi berisi kecaman terhadap kekerasan yang dilakukan pasukan Israel ke warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat. Dimana, sebanyak 129 warga Palestina tewas ditembak oleh militer Israel dalam unjuk rasa di perbatasan yang berlangsung sejak akhir Maret tersebut.

Sementara itu, Duta Besar Israel untuk PBB, Danny Danon menyatakan dengan mendukung resolusi ini, maka Majelis Umum PBB telah mendukung Hamas, yang dalam kacamata Israel adalah kelompok teroris.

“Dengan mendukung resolusi ini, Anda berkolusi dengan organisasi teroris, dengan mendukung resolusi ini Anda memberdayakan Hamas,” kata Danon. [ipk]

Bagikan Ini :