Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Sebanyak 1.500 personel gabungan dari unsur Polisi dan TNI diterjunkan untuk mengamankan acara debat publik ketiga Pemilihan Gubernur Jabar, yang akan diselenggarakan malam ini, Jumat (22/6/18).

“Personel 1.500 jajaran Polrestabes Bandung, Polda dan TNI siap mengamankan debat,” kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, di Bandung, Jabar.

Hendro mengatakan, aparat telah menyiapkan skema pengamanan agar proses jalannya debat berlangsung tenang dengan menerapkan sistem empat ring.

Ring satu di tempat penyelenggaraan debat, ring dua di akses pintu masuk plataran Sudirman Grand Ballroom, ring tiga di tempat parkir, dan ring empat di jalur keberangkatan menuju tempat penyelenggaraan debat.

“Pola pengamanan kita dari jalur. Jalur pendukung dan jalur dari paslon dari rumah pemenangan. Dari jalur menuju Ballroom Sudirman, nanti kita kawal juga kembalinya,” kata dia.

Untuk mengurangi atau meminimalisasikan potensi konflik selama pelaksanaan debat, kata Hendro, KPU Jabar bersama tim sukses masing-masing paslon telah menyepakati untuk menjaga ketenangan saat pelaksanaan debat.

Meski jumlah pendukung dibatasi hingga 60 orang dari masing-masing calon, polisi akan tetap melakukan pengamanan yang maksimal agar jalanannya debat aman dan tenang.

“Seperti dilarang masuk bagi mereka yang tidak memiliki ID card. Ini adalah komitmen bersama jadi mohon pegang komitmen tersebut,” kata dia. [ipk]

Bagikan Ini :