telusur.co.id — Customer & Employee Relations Asst. Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Panji Satriya mengatakan sampai dengan H+4 (20/06) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta masih tinggi.

“Sebagai akumulasi, volume lalu lintas arus balik dari H+1 s.d. H+4 Lebaran yang melintasi GT Cikarang Utama adalah sebanyak 461 ribu kendaraan, atau 64% dari volume lalu lintas total kedaraan yang melintasi GT Cikarang Utama selama arus mudik,” kata Panji Satriya.

Berikut adalah detail untuk H+1 s.d. H+4 Lebaran :
– H+1 (Minggu, 17/6) sebanyak 90 ribu kendaraan, naik sebesar 27% dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu kendaraan
– H+2 (Senin, 18/6) sebanyak 116 ribu kendaraan, naik sebesar 63% dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu kendaraan
– H+3 (Selasa, 19/6) sebanyak 130 ribu Kendaraan, naik sebesar 82% dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu Kendaraan.
– H+4 (Rabu, 20/06) sebanyak 124 ribu Kendaraan, naik sebesar 75% dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu Kendaraan.

Menurut dia, tingginya volume lalu lintas ini diprediksi masih akan terjadi karena sampai dengan H+4, masih sekitar 260 ribu kendaraan yang belum kembali atau sekitar 36% dari jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta pada saat arus Mudik Idul Fitri 1439 H.

“Sebagai bentuk antisipasi lonjakan volume lalu lintas, Jasa Marga tetap mempersiapkan pelayanan maksimal bagi para pengguna jalan dengan menyiagakan 33 gardu tol dan 15 buah Mobile Reader di GT Cikarang Utama untuk mempercepat pelayanan transaksi,” katanya.

Selain itu, Jasa Marga juga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk mempersiapkan upaya-upaya rekayasa lalu lintas.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Layanan top up tunai di gerbang tol hanya dilakukan dalam kondisi darurat. Selain itu, pastikan kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol.

Untuk monitor kondisi lalin di jalan tol yang dikelola Jasa Marga dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, yaitu:
– Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080
– Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya).
– Instagram @official.jasamarga
– Aplikasi Mobile JMCARe.
– Website http://www.jasamarga.com. [Red]

Bagikan Ini :