Net

telusur.co.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Langkat Devisi Sumber Daya Manusia dan Pertisipasi Masyarakat, Tengku Benyamin mengatakan, ada 1.078 surat suara yang rusak dan harus dimusnahkan.

Tengku Benyamin menjelaskan surat suara yang diterima sebelumnya sebanyak 714.148 lembar lalu dilakukan pelipatan dan pensortiran yang dilaksanakan di gedung olahraga Stabat, terdapat 1.078 surat suara yang rusak.

“Kerusakan itu di antaranya ada yang sobek, tintanya buram, sehingga yang bagus untuk diditribusikan sebanyak 713.070 lembar lagi,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan untuk Pilkada Kabupaten Langkat untuk memilih bupati dan wabup periode 2018-2023, itu tercatat jumlah pemilih yang sudah terdaftar sebanyak 693.887 orang.

“Mereka nantinya akan mempergunakan hak pilihnya pada 1.862 tempat pemungutann suara (TPS) yang tersebar pada 23 kecamatan 277 desa dan 37 kelurahan yang ada,” ujarnya.

Hingga sekarang ini tidak ada masalah yang mendasar untuk pilkada Langkat. Petugas juga sudah melakukan pengepakan surat suara guna mengemas surat suara dan perlengkapan lainnya dengan jumlah dan spesifikasi teknis tertentu.

“Pengepakan dilakukan agar dalam proses identifikasi barang logistik menjadi lebih efektif dan dapat mencegah pertukaran antar jenis barang logistik serta pengepakan dapat mengurangi kerusakann barang dan kemudahan dalam pengiriman,” tuturnya.

Tengku Benyamin menjelaskan pengepakan barang logistik keperluan pilkada nantinya terdiri dari surat suara = sejumlah DPT + 2,5 persen dalam sampul, kertas dan segel, tinta, segel, alat untuk memberi tanda pilihan, sampul kertas, karet pengikat surat suara, kantong plastik, formulir, tali pengikat alat pemberi tanda pilihan dan alat bantu tunanetra.

Sementara logistik yang tidak masuk dalam kotak suara terdiri dari tanda pengenal KPPS, petugas keamanan dan saksi, lem, ball point, gembok, spidol, stiker nomor kotak suara, daftar pasangan calon yang memuat visi, misi dan program serta biodata pasangan calon, salia DPT, bilik suara dua unit, papan pengumuman jika diadakann, katanya. (ant)

Bagikan Ini :