telusur.co.id – Presiden Donald Trump pada hari Jumat mengancam akan meningkatkan perang dagang dengan Eropa dengan memberlakukan tarif 20 persen atas semua impor AS dari mobil yang dirakit Uni Eropa, sebulan setelah pemerintah meluncurkan penyelidikan apakah impor otomotif menimbulkan ancaman keamanan nasional.

“Jika tarif dan hambatan ini tidak segera diuraikan dan dihapus, kami akan menempatkan yarif 20% pada semua mobil mereka yang masuk ke AS. Bangun mereka di sini!” Tulis Trump di Twitter Jumat.

Tweet Trump tentang otomotif datang setelah pembalasan terhadap tarifnya terhadap baja dan aluminium Eropa. Uni Eropa menargetkan lebih dari $ 3 miliar dalam barang-barang Amerika yang diekspor ke Uni Eropa yang beranggotakan 28 orang.

Amerika Serikat saat ini mengenakan tarif 2,5 persen untuk mobil penumpang yang diimpor dari Uni Eropa dan tarif 25 persen untuk truk pickup yang diimpor. Uni Eropa memberlakukan tarif 10 persen untuk mobil AS yang diimpor.

Produsen mobil Jerman Volkswagen AG (VOWG_p.DE), Daimler AG dan BMW AG membangun kendaraan di pabrik di Amerika Serikat. Data industri menunjukkan bahwa pembuat mobil Jerman membangun lebih banyak kendaraan di negara bagian AS bagian selatan yang memilih Trump dalam pemilihan presiden 2016 daripada mereka mengirim ke Amerika Serikat dari Jerman.

Indeks Saham Autos Eropa turun tajam setelah tweet Trump dan terakhir turun 1,25 persen. Saham produsen AS Ford Motor Co dan General Motors Co turun segera setelah tweet Trump tetapi rebound dan diperdagangkan lebih tinggi.

Departemen Perdagangan AS sedang menyelidiki apakah impor mobil dan suku cadang mobil menimbulkan risiko bagi keamanan nasional. Dua hari komentar publik telah dijadwalkan pada bulan Juli, dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross mengatakan Kamis mengatakan departemen itu bertujuan untuk menyelesaikan penyelidikan pada akhir Juli atau Agustus.

Tarif untuk impor mobil akan menambah berbagai perang perdagangan yang telah dimulai Trump, dengan mengatakan dia bertujuan untuk menciptakan pekerjaan di AS dan melindungi industri domestik.

Trump telah mengancam bea masuk hingga $ 450 miliar impor dari China. Para pejabat pemerintah mengatakan China harus memperkuat perlindungan untuk kekayaan intelektual perusahaan AS, dan mengurangi tarif pada produk AS.

Langkah melawan Cina dapat menaikkan harga untuk konsumen dan bisnis Amerika dan menghantam rantai pasokan global untuk industri seperti pembuat mobil dan elektronik. (ham)

Bagikan Ini :