Oleh : Supri*

telusur.co.id – Sungguh sangat memprihatinkan melihat kondisi sepanjang lintas jalan Atma Asnawi yang berada di wilayah Gunungsindur kabupaten Bogor Jawabarat. Apakah anda, kamu atau kalian merasakan hal yang sama??

Pada saat musim panas, polusi udara menjadi kotor baik dari asap kendaraan maupun debu yang berterbangan sehingga warga dengan mudah terjangkit dan terkena penyakit paru-paru seperti TBC dan sejenisnya
Tidakkah kita prihatin terhadap kesehatan dari semua kalangan usia dari mulai balita sampai manula.

Pada saat musim hujan, jalan berlubang penuh dengan genangan air, kotor, licin dan berlumpur yang sangat beresiko terhadap kecelakaan.

Belum lagi jika ada kendaraan penambang material yang mengalami kecelakaan seperti patah as, ban bocor dan jatuh terbalik akibat beban yang terlalu berat yang mengakibatkan jalan sulit dilewati warga  dan menghambat aktivitas warga sehari-hari seperti sekolah, bekerja dan lainnya (waktu tempuh)

Tidak akan bertahan lama walaupun dilakukan betonisasi berkali-kali jika tidak ada aturan yang jelas (”).

Jangan tungggu hal/resiko yang tidak di inginkan terjadi pada anda, saudara, keluarga teman dan kerabat lainnya, sehingga menyesal kemudian.

Wahai para pejabat yang tahu dan merasakan kondisi ini, kenapa hanya diam dan menutup mata. Dimana letak tugas dan tanggung jawab kalian dari kalangan RT, RW, Kades, Kecamatan, Tingkat Daerah/Pusat. Tidakkah kalian peduli.

Kami selaku masyarakat yang tidak tahu harus berbuat apa yang sangat membutuhkan kondisi lingkungan bersih, sehat, tentram, damai, dan harmonis seperti  yang pada umumnya masyarakat lain rasakan dan bisa di nikmati bersama tanpa ada perbedaan satu sama lainnya.

Kepada siapakah saya harus mengeluh dan mengadu, prosedur atau jalan apakah yang harus kami tempuh supaya terciptanya lingkungan bersih, sehat, tentram, damai, dan harmonis.

Solusi atau alternatif apakah yang harus di lakukan supaya dapat menguntungkan kedua belah pihak, guna meminimalisir resiko-resiko yang dapat merugikan masyarakat yang melintasi jalan tersebut (Red/Ist).

Salam Damai
Masyarakat Bawah Sadar

*Penulis: Supri (Pengurus Ormas Formatif Jampang) 0812-8820-5571

Bagikan Ini :