Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) pada pemilu 2019 sebanyak 186.379.878 orang.

Data itu terdiri dari DPS dalam negeri sebanyak 185.098.281 orang dan DPS luar negeri 1.281.597 orang.

Keputusan mengenai DPT sesuai hasil rapat pleno KPU. Dalam rapat itu hadir sejumlah perwakilan Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Komisi II DPR, partai politik dan sejumlah elemen pegiat pemilu.

Menurut Viryan, data pemilih bisa bertambah atau berkurang karena ada proses perbaikan hingga Agustus. “Data DPS akan diperbaiki hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT Agustus nanti,” ujar di Jakarta, Sabtu.

Viryan menyampaikan laporan rekapitulasi DPS dalam negeri yang masuk, berasal dari 510 kabupaten/kota, 7.131 kecamatan, 82.707 kelurahan/desa dengan total jumlah TPS 799.855.

Menurut Viryan masih ada empat kabupaten di Provinsi Papua yang belum melaporkan rekapitulasi DPS antara lain Mamberano Tengah, Mimika, Intan Jaya, dan Lanny Jaya.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan rapat pleno rekapitulasi DPS merupakan langkah awal yang harus dilalui sebelum menetapkan DPT 2019.

Dia berharap seluruh pihak dapat memberikan masukan kepada KPU RI atas proses penetapan daftar pemilih hingga ditetapkan DPT pada Agustus nanti. (ham)

Bagikan Ini :