Surat Suara Pilpres Turki/Reuters

telusur.co.id – Turki mulai menggelar Pemilihan Umum, pada hari Minggu (24/6/18). Adapun jumlah pemilihnya, mencapai sekitar 56,3 juta orang.

Panitia pemilu Turki, menyebar sekitar 180 ribu kotak suara di seluruh negeri. Pemilu ini, untuk memilih Presiden dan wakil rakyat di parlemen, demikian laporan yang dimuat kantor berita al jazeera, hari ini.

“Presiden Erdogan mencoba untuk memenangkan pemilu ini dalam satu putaran dan meraih suara mayoritas untuk partai berkuasa,” tulis al jazeera.

Pemilu ini merupakan yang pertama kalinya digelar Turki dengan sistem Presidensil.

Sementara itu, menurut laporan kantor berita anadolu, para pemilik suara mulai mendatangi tempat pemungutan suara pada pukul delapan pagi waktu setempat. Pemungutan suara, berakhir pada pukul lima sore.

Para pemilik suara, dilarang membawa kamera foto dan video serta telepon genggam ke dalam lokasi pemungutan suara.

Ada enam kandidat mengikuti pemilu ini, yaitu petahana Recep Tayyip Erdogan, yang diusung Partai Keadilan, Muharrem Ince dari Partai Rakyat Republik; Selahattin Demirtas dari Partai Demokratik Rakyat; Meral Aksener dari Partai Baik; Temel Karamollaoglu untuk Partai Kebahagiaan; dan Dogu Perincek dari Partai Patriotik.

Pemilu ini diikuti oleh total 8 partai dengan dua partai lainnya adalah Partai Kebebasan dan Partai Gerakan Nasionalis. [ipk]

Bagikan Ini :