Presiden RI Joko Widodo/Net

telusur.co.id- Presiden Joko Widodo menegaskan, netralitas TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam Pemilu maupun Pilkada serentak, adalah hal yang mutlak dan tak perlu diragukan.

Hal itu disampaikannya menanggapi sejumlah tudingan terhadap netralitas tiga lembaga negara tersebut dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia.

“Netralitas TNI, Polri, dan BIN itu adalah bersifat mutlak dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada,” kata Jokowi di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6/18).

Bekas Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan bahwa dirinya telah memberikan arahan kepada pimpinan masing-masing lembaga, yakni Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN untuk tetap menjaga netralitas para aparat negara di Pemilu dan Pilkada.

“Sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI, dan BIN. Sudah saya sampaikan pada Kabin, Kapolri, dan Panglima TNI. Jadi tidak usah ditanyakan lagi,” paparnya.

Dalam rangka memastikan lancarnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama ikut mengawasi dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila memang ditemukan kecurangan.

“Kita juga mengundang masyarakat untuk bersama-sama mengawasi. Marilah bersama-sama kita awasi. Ada ketentuannya, kalau dilihat ada yang tidak netral silakan dilaporkan ke Bawaslu. Jelas sekali saya kira,” tukas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut ada aparat Badan Intelijen Negara (BIN), TNI dan Polri yang tidak netral dalam menghadapi pesta demokrasi. Penyataannya tersebut diungkapkan saat melakukan konferensi pers terkait kunjungannya dalam acara kampanye terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

“Saya sampaikan ini cerita tentang ketidaknetralan elemen atau oknum dari BIN, Polri, dan TNI. Itu ada nyatanya, ada kejadiannya, bukan hoax, sekali lagi ini oknum, namanya organisasi Badan Intelijen Negara atau BIN, Polri, dan TNI itu baik,” kata SBY.[far]

Bagikan Ini :