Mendagri RI, Tjahjo Kumolo/Net

telusur.co.id- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memantau, mengawasi perhelatan Pilkada yang digelar pada 27 Juni lusa.

Tjahjo berharap pelaksanaan Pilkada nanti berjalan aman, damai, sejuk dan demokratis. Masyarakat pun memilih dengan bebas, tanpa ada intimidasi.

“Jangan ada provokasi. Seperti harapan Bapak Presiden, pesta demokrasi itu harus menjadi pesta politik yang riang gembira. Bukan kemudian menghadirkan ketakutan dan keresahan,” ujar Tjahjo di Kantor Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/6/18).

Politikus PDIP ini menegaskan, jika masyarakat menemukan pelanggaran dan punya bukti, sebaiknya segera laporkan ke badan pengawas atau panitia pengawas sebagai pihak yang punya otoritas menangani pelanggaran dalam pemilihan. Dan, bila pelanggaran itu sifatnya pidana, kepolisian dipastikan siap menanganinya.

Intinya, ungkap Tjahjo, jika ada pihak yang tidak puas terhadap pelaksanaan pemilihan, semua sudah tersedia jalur hukumnya.

” Bila tak puas dengan hasil pemilihan silahkan gugat ke MK, jangan gunakan saluran yang melanggar aturan. Dan masalah keamanan percayakan kepada polisi yang telah didukung TNI dan BIN,” tukas dia.[far]

Bagikan Ini :