telusur.co.id – Babak penyisihan yang mempertemukan antara Jepang dengan Senegal sangat menarik. Kedua tim sama-sama kuat sehingga harus rela berbagi angka karena bermain imbang 2-2 di Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg, Rusia.

Sejak peluit tanda dimulai babak pertama dibunyikan, kedua tim bermain saling menyerang. Bahkan, beberapa peluang dari kedua tim cukup menghibur.

Senegal akhirnya mampu membuka gol dalam pertandingan ini usai tendangan N’diaye yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Eiji Kawashima pada menit ke-11, membuat Sadio Mane yang lolos dari kawalan, mampu memantulkan bola penyelamatan kurang sempurna Kawashima ke arah gawang Jepang. Skor 1-0 untuk Senegal.

Dalam keadaan tertinggal, Jepang berusaha tak mengendorkan serangan dan usaha tanpa lelah mereka-pun terbayar pada menit ke-34 setelah Yuto Nagatomo yang menusuk dan membuka ruang di sisi kanan pertahanan Senegal, berhasil meneruskan umpan pada Takashi Inui yang berhasil melesakan tendangan keras ke jaring gawang Khadim N’Diaye yang merubah kedudukan 1-1 untuk kedua tim hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, baik Senegal maupun Jepang, sama-sama mencoba membongkar pertahanan lawannya dengan meningkatkan intensitas serangan.

Di tengah usaha kedua tim menciptakan gol, pada menit ke-55 Makoto Hasebe harus menerima perawatan dokter usai terluka di bagian hidung akibat berbenturan dengan Mbaye Niang.

Setelah beberapa kali percobaan, Senegal mampu kembali unggul atas Jepang lewat sontekan Moussa Wague memanfaatkan umpan silang Youssouf Sabaly dari sisi kanan gawang Jepang pada menit 71. Skor 2-1 untuk keunggulan Senegal.

Selepas tertinggal, Jepang memasukan dua pemain depannya, Shinji Okazaki dan Keisuke Honda untuk menambah daya gedor.

Hasilnya tak butuh waktu lama Honda yang masuk menggantikan Shinji Kagawa, mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 dengan tendangan dengan memanfaatkan umpan silang mendatar Takashi Inui dari sisi kiri gawang Senegal yang tak mampu ditangkap Khadim N’Diaye.

Skor 2-2 akhirnya bertahan hingga peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan oleh wasit asal Italia, Gianluca Rocchi.

Dengan hasil ini, Jepang dan Senegal sama-sama memuncaki klasemen Grup H dengan mengumpulkan empat poin dan selisih gol yang sama.

Keduanya harus menang dalam pertarungan terakhir meraka di mana Jepang akan menghadapi Polandia dan Senegal akan meladeni Kolombia, jika ingin melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2018 ini. (ham)

Bagikan Ini :