Marzuki Alie/Net

telusur.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memanggil sejumlah saksi, terkait perkara korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (KTP-el).

Dalam jadwal pemeriksaan yang diterbitkan KPK, Selasa (26/6/18), terdapat nama bekas Ketua DPR RI, Marzuki Alie.

Saat ini, Marzuki yang pernah menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat itu telah memenuhi panggilan KPK. Dirinya hadir sendirian.

Adapun Marzuki akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka dalam kasus tersebut, yakni Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung, yang keduanya dari kalangan swasta.

Selain Marzuki Alie, bekas Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf juga dijadwalkan untuk diperiksa penyidik KPK, pada hari ini, untuk kasus yang sama, dan tersangka yang sama pula.

Nurhayati sendiri, pernah dipanggil penyidik KPK sebagai saksi untuk proses penyidikan e-KTP, pada 5 Juni 2018. Namun dirinya tidak memenuhi panggilan terebut dengan alasan sedang ada kegiatan di luar negeri.

Untuk Nurhayati, pemeriksaannya merupakan lanjutan dari keterangan di dalam persidangan. Dimana namanya disebut dalam persidangan perkara korupsi e-KTP oleh Irvanto.

Irvanto, membeberkan sejumlah nama anggota DPR yang turut kecipratan uang panas proyek e-KTP. Hal itu diungkapkan oleh Irvan dalam persidangan atas terdakwa Anang Sugiana Sudihardjo.

Dalam keterangan yang diberikan Irvanto, Nurhayati Ali Assegaf disebut menerima sebesar 100 ribu Dollar AS. [ipk]

Bagikan Ini :