telusur.co.id — Mudik dengan pesawat adalah pilihan terbaik apabila kampung halaman Anda berjarak cukup jauh. Waktu tempuh yang jauh lebih singkat membuat Anda dapat menghabiskan waktu lebih lama di kampung halaman. Wajar saja kini jumlah peminat transportasi udara sebagai angkutan mudik lebaran semakin membludak. Akibatnya, harga tiket pesawat pun melambung tinggi.

Apabila Anda memutuskan untuk mudik lebaran menggunakan pesawat, sebaiknya Anda perhatikan betul soal waktu. Akan sangat disayangkan apabila Anda tertinggal pesawat. Bukan hanya uang Anda hangus sia-sia, namun tidak ada kepastian bahwa Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan penggantinya. Oleh karena itu ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Rencanakan di awal

Rencanakan dengan baik mudik lebaran tahun ini. Sesuaikan tanggal keberangkatan dan kepulangan dengan jadwal kantor Anda. Konfimasikan kembali jadwal liburan dengan bagian Human Resource di kantor Anda sebelum memesan tiket. Ajukan cuti jika memang diperlukan. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari reschedule penerbangan yang terkadang memerlukan biaya tambahan apabila dilakukan di saat-saat mendekati jadwal keberangkatan.

2. Atur jadwal

Setelah Anda mengetahui jadwal libur kantor Anda, saatnya memesan tiket. Manfaatkan website atau aplikasi pemesanan tiket yang kini dengan mudah dapat Anda gunakan.
Selain jadwal keberangkatan pesawat, perlu juga Anda atur waktu keberangkatan menuju bandara.

Apabila tempat tinggal Anda cukup jauh, maka sebaiknya berangkat di awal waktu karena kondisi jalan tidak dapat diprediksi. Lebih baik anda menunggu lama di bandara daripada harus ketinggalan pesawat. Anda juga perlu mengatur jadwal packing Anda. Usahakan barang bawaan Anda telah siap 24 jam sebelum keberangkatan. Dengan demikian, Anda memiliki banyak waktu untuk menambahkan barang bawaan apabila ada yang terlupakan.

3. Check-in di awal waktu

Semua maskapai penerbangan kini menyediakan layanan online check-in untuk memudahkan para penumpangnya. Online check-in biasanya dibuka 24 jam hingga beberapa jam sebelum keberangkatan. Online check-in akan sangat membantu Anda karena Anda memiliki jeda waktu yang lebih panjang, mengingat beberapa maskapai sudah menutup check-in 45 menit sebelum waktu boarding.
Manfaatkan pula fasilitas pemilihan kursi saat Anda melakukan online check-in tanpa tambahan biaya seperti yang disediakan oleh Batik Air, misalnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir mendapat kursi yang bukan preferensi Anda.

4. Periksa kembali keadaan rumah Anda

Apabila Anda mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka jadwal keberangkatan dapat Anda yang tentukan sendiri. Namun apabila Anda menggunakan angkutan umum, maka Anda harus mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, periksa kembali keadaan rumah Anda.

Pastikan selang gas telah Anda cabut, katup gas tidak mengeluarkan suara dan bau, semua alat listrik dan antena TV telah Anda cabut, sensor lampu telah aktif, hewan peliharaan telah Anda titipkan, dan semua pintu telah Anda kunci. Dengan demikian, Anda bisa pergi mudik dengan aman dan nyaman

5. Barang bawaan secukupnya

Barang bawaan adalah bagian yang cukup krusial selama perjalanan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya Anda tidak membawa terlalu banyak barang. Harapannya adalah dengan membawa barang seperlunya, Anda tidak membutuhkan waktu lama saat menaikkan dan menurunkan barang.

Apabila Anda membawa terlalu banyak tas, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melintasi pos pemeriksaan keamanan. Anda tidak hanya memeriksakan tas saja tetapi juga dompet, jam tangan, handphone, ikat pinggang, dan jaket Anda. Tentunya hal tersebut membutuhkan waktu. Apabila jadwal penerbangan Anda sudah mepet, besar kemungkinan kepanikan akan datang dan membuat suasana semakin tidak nyaman.

6. Gandakan dokumen penting

Dokumen terpenting untuk perjalanan menggunakan pesawat adalah tiket dan kartu identitas. Dua dokumen ini lah yang mampu mengantarkan Anda hingga kampung halaman. Oleh karena itu, apabila Anda melakukan perjalanan dengan keluarga maka sebaiknya masing-masing anggota keluarga memegang salinan tiket.

Setidaknya masing-masing orang memegang salinan digital tiket baik berupa e-ticket atau sekedar foto tiketnya. Sediakan juga kartu identitas beserta salinannya. Apabila Anda hanya memiliki KTP, maka pastikan Anda juga membawa salinannya.

7. Jaga makanan sebelum terbang

Makanan yang Anda konsumsi sebelum terbang sedikit banyak memengaruhi kenyamanan terbang Anda. Bahkan dapat pula memengaruhi kenyamanan penumpang lainnya. Sebaiknya Anda hindari makanan-makanan yang menjadi pantangan Anda. Dengan demikian, penyakit yang Anda miliki tidak akan kambuh saat penerbangan.

Namun sebaliknya, apabila Anda memiliki penyakit maag, maka sebaiknya Anda makan terlebih dahulu sebelum terbang. Cukup makanan berprotein tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hindari makanan dan minuman yang dapat membuat perut kembung selama penerbangan seperti kacang-kacangan, soda, kopi, atau alkohol. Dengan demikian, perjalanan mudik Anda terasa lebih nyaman. [Red]

Bagikan Ini :