telusur.co.id – Hubungan Amerika Serikat dan Rusia cukup merenggang karena kebijakan luar negerinya, untuk merekatkan kembali Trump dan Putin dikabarkan akan melakukan pertemuan.

Informasi dari Kremlin dan Gedung Putih pada Kamis, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pertemuan puncak pada 16 Juli di Helsinki.

“Kedua pemimpin itu akan membahas hubungan Amerika Serikat dengan Rusia dan berbagai masalah keamanan negara,” kata pernyataan Gedung Putih seperti dilansir reuters.com

Trump pada Rabu menyatakan pertemuan itu kemungkinan dilakukan tepat setelah temu puncak pemimpin NATO pada 11-12 Juli dan bahwa ibu kota Finlandia kemungkinan menjadi tempatnya.

Moskow dan Washington mengumumkan waktu dan tempat pertemuan itu secara bersamaan.

Kedua negara tersebut membuat kesepakatan pada Rabu untuk segera mengadakan pertemuan puncak.

Pembantu kebijakan luar negeri Kremlin Yuri Ushakov, yang berbicara sesudah Putin bertemu dengan Penasihat Keamanan Negara Amerika Serikat John Bolton di Kremlin, menyatakan temu puncak itu akan berlangsung di tempat nyaman negara ketiga dan bahwa beberapa pekan lagi diperlukan untuk menyiapkannya. (ham)

Bagikan Ini :