telusur.co.id – Kanada membalas kebijakan Amerika Serikat mengenai tarif baja dan aluminium AS pada Jumat, berjanji untuk memberlakukan tindakan penghukuman terhadap C $ 16,6 miliar ($ 12,63 miliar) barang-barang Amerika dan meluncurkan paket bantuan senilai C $ 2 miliar untuk industri dan pekerja yang terkena dampak.

Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan tarif akan berlaku seperti yang direncanakan pada 1 Juli dan tetap di tempat “sampai Amerika Serikat menghapuskan langkah-langkah pembatasan perdagangannya terhadap Kanada.”

Pemerintah Liberal mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya akan membalas setelah Presiden AS Donald Trump bergerak melawan impor baja dan aluminium, dengan alasan keamanan.

“Kami tidak akan meningkat dan kami tidak akan mundur,” kata Freeland dalam konferensi pers yang disiarkan televisi di pabrik Stelco Holdings Inc. di kota baja Hamilton, Ontario.

Freeland mengatakan Ottawa bertindak dengan rasa penyesalan yang mendalam dan menekankan kedekatan hubungan keseluruhan antara Kanada dan Amerika Serikat.

Paket bantuan sebagian besar terdiri hingga C $ 1,7 miliar dalam pembiayaan komersial dan asuransi untuk perusahaan di sektor baja dan aluminium dan industri terkait. (ham)

Bagikan Ini :