Cawapres KH. Ma'ruf Amin/Net

telusur.co.id – Usulan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tentang perlunya fatwa larangan mengunjungi Israel mendapat tanggapan dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin.

Menurut Kiai Ma’ruf, usulan itu perlu didiskusikan lebih lanjut. Sebab, menurut Kia Ma’ruf, harus ada laporan terlebih dulu ke MUI. Selanjutnya, harus ada yang namanya musabahnya yang artinya ada relevansinya nggak orang pergi ke Israel di fatwa itu. Dengan kata lain, itu menjadi wilayah fatwa atau bukan.

“Ini yang perlu didiskusikan,” kata Kiai Ma’ruf, Kamis (14/6/18) kemarin.

Dikatakan Kiai Ma’ruf, kunjungan warga negara Indonesia ke Israel belum tentu wilayahnya MUI. Dengan demikian, usulan Fahri masih perlu pendalaman.

BACA JUGA :  Puji Indonesia, Jak Ma: Asian Games 2018 Ini sukses Banget!

Apalagi, dibutuhkan rekomendasi, ada tausyah, ada fatwa. Jadi, apakah usulan itu lebih tepat fatwa, imbauan atau dengan rekomendasi. “Apa itu ada wilayahnya MUI, begitu loh,” kata Kiai Ma’ruf.

Muncul usulan tersebut sebagai bentuk kritik Fahri terhadap kunjungan Karib Aam PBNU, yang juga personel Wantimpres, Yahya Cholil Staquf ke Israel.

Karena kepergian Gus Yahya itu, Fahri mencoba menarik MUI ikut memberikan pendapat atas kehadiran Yahya sebagai pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC).

Menurut Fahri, MUI perlu mengeluarkan fatwa larangan bagi seorang muslim, khususnya muslim di Indonesia untuk datang ke wilayah Israel karena beberapa alasan.

BACA JUGA :  Bentrokan Berlanjut di Jalur Gaza, 35 Orang Cedera

Pertama, itu untuk mencegah terjadinya kejadian serupa di masa mendatang. Kemudian, itu berkaitan dengan komitmen kebangsaan yang prinsipnya mendukung kemerdekaan Palestina.

Indonesia selama ini, kata Fahri, berkomitmen penuh mendukung kemerdekaan Palestina. Tindakan Israel terhadap Palestina selama ini, kata Fahri, tidak dapat diterima. Israel nyaris setiap hari melakukan kejahata, penjajahan dan penindasan. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini