Sukmawati Soekarnoputri/telusur.co.id

telusur.co.id – Kasus dugaan penistaan agama terkait puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri telah dihentikan. Penghentian dilakukan lantaran polisi tidak menemukan unsur pidana.

Kabar penghentian kasus tersebut sebagaimana disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal dalam keterangannya, Minggu (17/6/18).

“Perkara tersebut tidak dapat dinaikkan ke tahap penyidikan. Maka kasus tersebut di SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyelidikan),” kata M Iqbal.

Disampaikan Brigjen Iqbal, dalam kasus tersebut ada 30 pelaporan. Sukmawati dilaporkan dengan Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. Dua di antaranya dicabut oleh pelapor.

BACA JUGA :  Puisi Konde Dibalas Puisi CD

Polisi lalu melakukan gelar perkara. Hasilnya, tidak menemukan perbuatan pidana dari puisi tersebut sehingga polisi menerbitkan SP3.

Kasus ini berawal saat Sukmawati membacakan puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ karyanya sendiri, di ajang Indonesia Fashion Week 2018 di JCC. Puisi yang di dalamnya menyinggung tentang azan dan cadar dipersoalkan hingga berujung laporan polisi. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini