Mardani Ali Sera/Net

telusur.co.id – Empat partai politik, yakni Gerindra, PKS, PAN dan PBB akan duduk bersama membahas bakal calon Presiden dan calon Wakil Presiden, yang akan mereka usung di Pilpres 2019.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, kepada telusur.co.id, menanggapi deklarasi Amien Rais sebagai Capres 2019, sebagaimana yang dilakukan Koalisi Umat Madani (KUM).

Menurut Mardani deklarasi pencapresan Amien oleh KUM tidak bertentangan dengan amanah Habib Rizieq Sihab mengenai pembentukan koalisi Keumatan oleh empat partai tersebut. Melainkan, akan memperbanyak pilihan calon-calon yang akan diusung.

“Tentu hak tiap orang untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu. Pak Amien ini Bapak Reformasi. Orang yang sangat dihormati,” kata Mardani, Minggu (1/7/18).

Dirinya menyebut, dengan diseklarasikannya Amien empat parol akan melakukan musyawarah untuk menyepakati calon yang akan diusung di Pilpres 2019.

“InsyaAllah semua parpol yang empat itu dapat selalu bermusyawarah. Harus segera duduk bersama membahas siapa calon pemimpin yang disepakati diusung oleh empat parpol ini,” kata dia.

(Baca: Tetap Prabowo, Gerindra Tutup Peluang Usung Amien Rais Capres)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, dalam waktu minggu-minggu ini, Partai Gerindra akan melakukan pertemuan dengan koalisi mereka untuk membahas soal calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Dia mengatakan, pembahasan antar partai koalisi soal cawapres akan segera dilakukan pekan ini. Dan nantinya, hasil itu akan disampaikan kepada masyarakat.

“Insya Allah hasilnya akan disampaikan ke masyarakat,” kata Muzani di bilangan Kemang, Jakarta, hari ini.

(Baca: PAN Ucapkan Terimakasih Atas Dukungan KUM Pada Amien Rais)

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, mengenai arah koalisi partainya menjelang pemilu presiden ada 2019, akan ditentukan pada akhir Juli 2018. Dia tak mau memberikan petunjuk apa pun tentang kecenderungan sikap politik PAN saat ini.

Pernyataan Zulkifli itu turut serta menanggapi deklarasi Amien Rais sebagai Capres sebagaimana yang dilakukan Koalisi Umat Madani yang didukung oleh Persatuan Alumni 212. [ipk]

Bagikan Ini :