telusur.co.id

telusur.co.id – Ingin liburan ke pantai sambil snorkeling? Atau sekedar ingin menikmati Sunrise dan Sunset? Maka Anda harus mencoba berlibur ke pulau yang satu ini.

Ya, Pulau Pahawang, terletak di Lampung, pulau ini bisa jadi pilihan Anda. Tempat wisata di Lampung ini memang namanya belum begitu sering terdengar, namun Anda harus mencobanya.

Sebab, pulau di Lampung yang satu ini, disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi, salah satu spot snorkeling yang indah dan masih belum begitu banyak di jamah orang.

Daya tarik utama pulau ini tentu saja snorkeling, berenang, menikmati terumbu karang dan juga biota laut yang beragam di air yang jernih.

Tapi nggak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang memang indah.

telusur.co.id

Buat yang nggak suka berenang atau snorkeling, masih tetap bisa menikmati pantai Pahawang, menikmati suasana khas pantai yang segar, sunrise dan sunset, ataupun melihat-lihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

Pulau Pahawang Besar;

Pulau ini merupakan pulau utama. Di sini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1.000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1.000 kepala keluarga.

Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau pahawang besar.

Pulau Pahawang Kecil;

Pulau ini letaknya tidak jauh dari Pahawang besar. Luasnya kurang lebih 13 hektar. Di sini, terdapat cottage. Area sekitar pulau Pahawang kecil juga jadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang mau snorkeling di sini.

telusur.co.id

Namun sebelum liburan di sana, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Pertaman akses
Provinsi Lampung bisa diakses lewat dua jalur, yakni udara dan laut. Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung, kemudian lanjut ke berbagai destinasi di sekitarnya. Jika lewat jalur laut, Anda juga bisa naik kapal ferry dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan naik kendaraan carter sekitar 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Harga carter mobil sekitar Rp 600.000 per hari. Selanjutnya, Anda harus carter boat untuk perjalanan 20-30 menit sampai tiba di Pahawang Besar. Satu boat kapasitas 20-30 orang harganya Rp 2 juta, untuk 2 hari termasuk island hopping.

Kedua akomodasi
Semua akomodasi dan penginapan terletak di Pahawang Besar. Tiga dusun utama lokasi penginapan adalah Pagetahan, Jelarangan, dan Cukuh Nyai. Ada empat vila yang tersebar di 3 dusun tersebut, dengan kisaran harga Rp 2,5-3,5 juta per malam. Satu vila bisa diinapi 15-40 orang, sudah termasuk makan.

Selain vila, ada sekitar 50 homestay yang bisa diinapi wisatawan. Harga per malamnya sekitar Rp 600.000-1,5 juta. [ipk]

Bagikan Ini :