Marc Marquez/Net

telusur.co.id – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez sukses menjadi juara di ajang balap MotoGP 2018, yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu malam (1/7/18).

Dalam balapan yang berlangsung seru, sengit penuh persaingan itu, pebalap dari Tim Suzuki, Alex Rins dan Pebalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales menempati posisi kedua dan ketiga.

Balapan yang berlangsung diatas lintasan kering, dengan cuaca yang cerah itu, Marquez yang memulai balap dari posisi pertama langsung melesat jauh ke depan, dan diikuti duo pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso.

Baru setengah jalan, pembalap Ducati Lorenzo langsung mengambil alih posisi Marquez. Dia memimpin jalannya balap, yang diikuti Marquez dan Valentino Rossi untuk di tempat ketiga.

Aksi saling salip pun terjadi di putaran awal. Namun peristiwa kecil sempat terjadi pada putaran kelima. Saat itu, Lorenzo terlihat memperlambat lajunya kuda besi miliknya di tikungan, hal itu membuat Rossi mencium motor milik Lorenzo. Beruntung tidak ada kecelakaan antara kedua pembalap.

Pada lap ke delapan jalannya balap, seluruh rider berusaha menjadi pebalap terdepan, termasuk Andrea Dovizioso. Rekan setim Lorenzo itu pun berhasil merebut tempat pertama dan membuat duo Ducati berada di tempat 1 dan 2.

Kemudian, pasang mata penonton GP tertuju pada pembalap Suzuki Alex Rins. Perlahan namun pasti, Rins berhasil naik ke posisi terdepan, dengan merebut tempat Rossi.

Sempat ada insiden kecil antara Rins dengan Marquez. Ia terlihat bersenggolah dengan Marquez yang membuat pebalap Spanyol tersebut hampir terlempar dari tunggangannya.

Balapan pun dimeriahkan dengan aksi empat pebalap, yakni Lorenzo, Dovizioso, Marquez, dan Rins, untuk merebut posisi pertama. Saling susul mewarnai hampir seluruh lap balapan yang berlangsung sebanyak 26 putaran.

Maverick Vinales dan Rossi kembali bangkit untuk mendapatkan posisi terdepan. Vinales bahkan memberikan perlawaan sengit pada Marquez yang berada di posisi kedua hingga saling salip terjadi. Bahkan ia sempat mendapatkan posisi pertama saat balapan memasuki lap ke 19.

Aksi saling susul pun mewarnai jalannya balap antara Vinales dan Marquez pada enam lap terakhir. Demikian pula dengan dua Italia, Rossi dan Dovizioso yang bertarung untuk memperebutkan posisi ketiga.

Insiden kembali terjadi, kali ini Vinales ‘adu’ badan dengan Marquez, kedua pebalap Spanyol itu pun melebar keluar lintasan. Rossi dan Dovizioso mengambil kesempatan dengan menempati posis satu dan dua.

Namun posisi itu tidak bertahan lama. Marquez kembali merebutnya dari tangan Dovi dan Rossi. Akan tetapi, tekanan terus diberikan Dovi dari posisi kedua

Dua lap terakhir, Rossi yang berusaha mendapatkan poin terlalu memaksakan diri di tikungan pertama. Hasilnya, ia harus melebar keluar lintasan, dan turun ke tempat keenam.

Marquez pun kian melesat dengan meninggalkan lawan-lawannya. Vinales dan Alex Rins dari Suzuki berada di belakang tidak mampu mengejar pemilik nomor 93 itu.

Hingga akhirnya Marquez menjadi pembalap yang pertama menyentuh garis finish.

Berikut hasil lengkap MotoGP Assen, Belanda;

1. Marquez
2. Rins
3. Vinales
4. Dovizioso
5. Rossi
6. Crutchlow
7. Lorenzo
8. Zarco
9. Bautista
10. Miller
11. Iannone
12. Espargaro
13. Espargaro
14. Redding
15. Pedrosa
16. Rabat
17. Smith
18. Syahrin
19. Nakagami
20. Lüthi
21. Petrucci
22. Siméon
23. Abraham

[ipk]

Bagikan Ini :