Foto: net

telusur.co.id – Ketua DPP Partai Gerindra, Nizar Zahro, mengatakan, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, mempunyai hak untuk memilih dan pilih menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

Hal tersebut disampaikannya terkait deklarasi Koalisi Umat Madani (KUM) mendukung Amien Rais maju sebagai capres pada Pilpres 2019.

“Gerindra itu patuh pada UUD 1945. Pasal 27 dan 28, bahwa siapapun orangnya berhak memilih dan dipilih. Pak Amien Rais itu anak bangsa, berhak mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres,” ujar Nizar di Kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (3/7/18).

Anggota DPR ini mengatakan, partai besutan Prabowo Subianto tak akan menghalangi siapapun warga negara yang ingin maju di Pilpres.
Hanya saja, dalam UU Pemilu menyebutkan bahwa dalam mengusung capres-cawapres harus memenuhi ambang batas atau 20 persen Presidential Threshold (PT)

“Apakah memenuhi PT? Itu lain persoalan. Gerindra menghormati siapapun akan bangsa mencalonkan sebagai presiden. Gerindra tidak akan terganggu,” kata dia.

Sebelumnya, Koalisi Umat Madani telah mendeklarasikan dukungan kepada politikus senior PAN, Amien Rais agar maju sebagai capres pada Pilpres 2019. Deklarasi itu dilakukan lantaran terpicu salah satunya oleh Mahathir Mohammad yang berusia 92 tahun menang pada pemilu Malaysia.

“Kami meminta Bapak Amien Rais untuk segera ‘turun gunung’ guna memenuhi panggilan umat untuk dapat memainkan peran penting dan strategis menyelamatkan nasib bangsa yang sedang di ‘ujung tanduk’ dari kepunahannya,” kata Ketua Koalisi Umat Madani Letjen (Purn) Syarwan Hamid.[far]

Bagikan Ini :