Kapolri Jenderal Tito Karnavian/telusur.co.id

telusur.co.id – Aparat kepolisian menangkap seorang tersangka kasus korupsi skandal 1MDB yang menyeret bekas Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak.

Pria bernama Jamal itu, yang merupakan saksi kunci dalam kasus ini di tangkap di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/18).

Jamal sendiri, telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian Diraja Malaysia.

“Yang bersangkutan ini tersangka, dan dia saksi kunci dalam kasus itu,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di Rupatama Mabes Polri, hari ini.

Menurut Jenderal Tito, Jamal melarikan diri dari Malaysia ke Indonesia secara ilegal pada 13 Juni 2018 lalu.

Setelah mendapatkan informasi dari Polisi Diraja Malaysia, Polri langsung melakukan pelacakan terhadap jejak Jamal, yang berujung di Tebet.

Sementara itu, bekas PM Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak ditangkap Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC). Dia ditangkap di kediamannya di Langgak Duta, Kuala Lumpur hari ini, Selasa (3/7/18), sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Sumber-sumber Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) mengkonfirmasi penangkapan tersebut.

Malaysian authorities arrest former premier Najib Razak,” demikian Breaking News Reuters.

Sebelumnya, 408 rekening bank milik puluhan individu dan perusahaan dibekukan. Pembekuan diduga terkait penyelidikan barang sitaan 1,1 miliar Ringgit (Rp 3,8 triliun) dalam skandal 1MDB.

Satgas 1MDB menyebut ratusan rekening bank yang dibekukan itu merupakan milik 81 individu dan 55 perusahaan. Rekening-rekening itu diduga telah menerima dana 1MDB yang diselewengkan. [ipk]

Bagikan Ini :